Skip to main content

NOTULA LATIHAN DASAR KEBENDAHARAAN DAN KESEKRETARIATAN SENAT (LDKKS)





Hari/tanggal                          : Kamis, 1 Oktober 2020

Pukul                                      : 10.00-17.00 CLT

Lokasi                                     : Wisma Nusantara, Rob’ah

 

POKOK PEMBAHASAN:

A. Kebendaharaan

B. Kesekretariatan

 

PEMBAHASAN:

A. Kebendaharaan

1. Laporan keuangan yang detail hanya untuk tim verifikator, sedangkan laporan untuk publik, maka cukup dilampirkan laporan secara global. Karena akan mempersempit ruang analisa. Karena laporan pertanggung jawaban harus bersifat informatif unutk publik.

2. Buku besar digunakan untuk menerka pengeluaran tiap divisi

3. Laporan jurnal digunakan sebagai laporan transaksi.

4. Jarang ada yang memakai PSAK 45 secara detail. Karena bukan hal mudah.

5. Kartu pengendali anggaran untuk mendeteksi transaksi anggaran yang terpakai dengan cepat. Dan bersifat opsional, karena tidak semua orang dapat memahami.

6. Substansi laporan keuangan:

a)         Menandakan laporan itu bersifat jujur dan jelas, karena semua laporan ini bisa direkayasa.

7. Jika ada program kerja yang menghabiskan dana melebihi anggaran, maka bisa dijelaskan kepada tim verifikator dengan alasan yang jelas. Bisa juga dengan cara mengalihkan anggaran program kerja divisi lain untuk program kerja yang membutuhkan dana lebih, yang penting tidak melebihi anggaran global. Tapi harus sesuai dengan undang undang dan kesepakatan. Alternatif lain, bisa dengan cara membuat anggaran tidak terduga, jadi bisa digunakan sebagai dalih jika terjadi hal seperti itu.

8. Dalam menyusun RAPBO boleh menggunakan angka bebas. Penting untuk melihat kewajaran angka. Tidak ada tekniknya, yang penting relevan.

9. Kendala umum dalam:

a)         Efektifitas waktu dalam pencatatan laporan keuangan. Efeknya akan berimbas kepada uang kas, salah catat, dan lain sebagainya.

10. Masalah keuangan itu boleh transparansi. Tidak menjadi top secret. Tapi tetap sesuai urgensinya.

11. Dampak positif organisasi adalah dampak yang bersifat jangka panjang.

12. Jujur,memiliki kemampuan kebendaharaan, dan amanah adalah komponen utama yang harus dimiliki seorang bendahara. Semua kita bisa melawan apa yang kita hadapi, yang penting bagaimana kita menghadapi dan mengatasinya.

 

B. Kesekretariatan

1. Asal kata sekretaris berasal dari bahasa latin sekre, artinya untuk membedakan dan memisahkan, ada konotasi secret, artinya berhubungan dengan rahasia, mengurusi suatu urusan dengan rahasia. Semakin kesini, sekretaris diterima untuk makna sebagai seorang yang menagtur korespondensi dan rutinitas, bisa juga disebut asisten personal. Dari keluasan makna tadi, tugas sekretaris tidak hanya administrasi saja, tapi juga orang yang punya kekuasaan.

2. Dalam organisasi, sekretaris jenderal mempunyai kekuasaan penuh.

3. Tugas pokok dan fungsi

a)         Menagtur project. Berkaitan dengan pengetahuan managerial. Bagaimana managemen organisasi tersebut, human resourch, dan membantu tatanan eksekutif organisasi. Lazimnya, koordinator divisi belum tentu memiliki menejemen organisasi yang rapi, maka dari itu, disinalh peran sekretaris.

b)         Komunikasi.

c)         Organisasional. Dalam dunia kantor, tugas sekretaris adalah menagtur jadwal, meeting, appointment, membuat surat, in voice, berhubungan dengan IT, arsip,dan lainnya.

4. Sekretaris di masisir baru sampai tugas administrasi, belum sampai komunikasi, project management dan lainnya.

5. Beberapa mata kuliah yang ada di prodi kesekretariatan:

a)         Mengetik

b)         Menejemen perkantoran

c)         Menejemen personalia

d)         Bahasa inggris

6. Kemampuan design bagi sekretaris hanya sebagai tambahan.

7. PPI Dunia memiliki satu biro kesekretariatan khusus admisnistrasi.

8. Beberapa tugas biro kesekretariatan PPI Dunia:

a)         Bertanggung jawab terhadap notula rapat, mempersiapkan zoom meeting, mengatur kelancaran meeting.

b)         Bertanggung jawab dalam database kesekretariatan PPI Dunia.

c)         Bertanggung jawab dalam surat menyurat.

d)         Menyusun laporan pertanggung jawaban.

e)         Bertanggung jawab dalam pengarsipan dan database

9. KMITB (Kelompok Mahasiswa Institut teknologi Bandung) adalah pusat organisasi di ITB.

10. KMITB memiliki bidang kesekjenaan dan komunikasi, pengelolaan sosial media dalam struktur organisasinya.

11. Persamaan antara PPI Dunia dan KMITB adalah dalam hal dokumentasi dan pengarsipan.

12. Perbedaannya adalah dalam pelayanan organisasi.

13. KMITB mencoba membuat sistem struktur yang bisa di pararelkan ke dunia. PPI Dunia banyak memiliki orang orang yang memiliki pengalaman kerja.

14. PPMI Mesir sejak tahun lalu masih menggunakan struktur yang biasa, ketua, wakil, sekjend, wakil sekjend. Kemudian pada masa pengurusan Arief Mughni baru dibentuk biro kesekeretariatan yang berada dibawah sekjend.

15. Standarisasi administrasi masih belum ada. Harus ada kesepakatan dari semua elemen. Setiap organisasi minimal memiliki standarisasi sendiri, mengacu pada arsip sebelumnya. Tapi juga tidak menutup diri, dan membuka dan terus mencari pengetahuan dari organisasi lain. Dan dalam penyusunan standarisasi tersebut harus sesuai dengan utility atau kegunaannya.

16. Basic sekretaris:

a)         Punya personal computer pribadi yang bisa dipakai kapan saja dan smartphone untuk mobilisasi ketika kondisi tertentu.

b)         Skill mengolah software, microsoft office, excel, power point.

c)         Media komunikasi, seperti grup whatsapp

d)         Kalkulus untuk database, misalnya google drive

e)         Manajemen project. Google calender misalnya. Belum banyak dipakai di masisir.

 

 

 

 Notulis,

Nur Halimah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

Apa Makna Sifat Wahdaniyah?

Sifat wahdaniyah merupakan salah satu sifat Salbiyah dari sifat-sifat wajib Allah. Sifat salbiyyah yaitu: هي الصفات التي تنفي عن الله ما لا يليق بذاته تعالى "Sifat-sifat yang menafikan dari Allah segala sifat yang tidak layak pada Dzat-Nya" Maka sifat wahdaniyah adalah sifat yang menafikan at-ta'ddud (berbilang-bilang), baik itu berbilang dalam dzat (at-ta'addud fî ad-dzât), berbilang dalam sifat (at-ta'addud fî ash-shifât) dan berbilang pada perbuatan (at-ta'addud fî al-af'âl). Adapun rinciannya sebagai berikut: 1.Keesaan Dzat (Wahdah ad-Dzât), ada dua macam: a.Nafyu al-Kamm al-Muttashil (menafikan ketersusunan internal) Artinya, bahwa dzat Allah tidak tersusun dari partikel apapun, baik itu jauhar mutahayyiz, 'ardh ataupun jism. Dalil rasional: "Jikalau suatu dzat tersusun dari bagian-bagian, artinya dzat itu membutuhkan kepada dzat yang membentuknya. Sedangkan Allah mustahil membutuhkan pada suatu apapun. Maka mustahil Dzat Allah tersusun dari bagian.…

10 Prinsip Dasar Ilmu Tauhid

A. Al-Hadd: Definisi Ilmu Tauhid Ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang bisa meneguhkan dan menguatkan keyakinan dalam beragama seorang hamba. Juga bisa dikatakan, ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang membahas jalan dan metode yang bisa mengantarkan kita kepada keyakinan tersebut, melalui hujjah (argumentasi) untuk mempertahankannya. Dan juga ilmu tentang cara menjawab keraguan-keraguan yang digencarkan oleh musuh-musuh Islam dengan tujuan menghancurkan agama Islam itu sendiri.
B. Maudhu’: Objek Pembahasan Ilmu Tauhid Ada beberapa pembahasan yang dijelaskan dalam ilmu ini, mulai dari pembahasan `maujud` (entitas, sesuatu yang ada), `ma’dum` (sesuatu yang tidak ada), sampai pembahasan tentang sesuatu yang bisa menguatkan keyakinan seorang muslim, melalui metode nadzori (rasionalitas) dan metode ilmi (mengetahui esensi ilmu tauhid), serta metode bagaimana caranya kita supaya mampu memberikan argumentasi untuk mempertahankan keyakinan tersebut. Ketika membahas entitas, kita bisa menege…

10 Prinsip Dasar Ilmu Mantiq

كل فن عشرة # الحد والموضوع ثم الثمرة ونسبة وفضله والواضع # والاسم الاستمداد حكم الشارع مسائل والبعض بالبعض اكتفى # ومن درى الجميع حاز الشرفا
   Dalam memahami suatu permasalahan, terkadang kita mengalami kekeliruan/salah paham, karena pada tabiatnya akal manusia sangat terbatas dalam berpikir bahkan lemah dalam memahami esensi suatu permasalahan. Karena pola pikir manusia selamanya tidak berada pada jalur kebenaran. Oleh karena itu, manusia membutuhkan seperangkat alat yang bisa menjaga pola pikirnya dari kekeliruan dan kesalahpahaman, serta membantunya dalam mengoperasikan daya pikirnya sebaik mungkin. Alat tersebut dinamakan dengan ilmu Mantiq. Pada kesempatan ini, kami akan mencoba mengulas Mabadi ‘Asyaroh - 10 prinsip dasar -  ilmu Mantiq.
A.  Takrif: Definisi Ilmu Mantiq      Ditinjau dari aspek pembahasannya, ilmu Mantiq adalah ilmu yang membahas tentang maklumat – pengetahuan - yang bersifat tashowwuri (deskriptif) dan pengetahuan yang besifat tashdiqi (definitif). Berkat dua …