Langsung ke konten utama

Berita Acara SPA SEMAFU 2020

 Senat Ushuluddin, Kairo – Senat MahasiswaFakultas Ushuluddin (SEMA-FU) menyelenggarakanAgenda tahunan Sidang Permusyawaratan Anggota(SPA) dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Semi online setelah berakhirnya kepengurusan Dewan Pengurus (DP) SEMA-FU 2019-2020 pada Rabu (29/7/2020) bertempat di Wisma Nusantara, Al-Manteqah Al Oulakota Nasr, Kairo. Agenda SPA inimeliputi pembacaan AD/ART, LPJ DP dan Pemilihanketua serta BPO baru SEMA-FU.
     Acara dimulai pukul 15.30 CLT dipandu oleh Ardhi Nugraha selaku Master of Ceremony (MC) dan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Aldi BagasAldestaDilanjut dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PPMI yang dipimpin oleh saudaraZakir dan diikuti berdirinya para Audiens dengantakdim. Setelah usaiSaudara Iqbal Ibnu Farhan Selakuketua panitia SPA menyampaikan sambutan. “ Saya memilih slogan “Tuntaskan aksiLanjutkan estafetorganisasi “ dengan harapan semoga proker yang adapada kepengurusan ini bisa tuntas dengan baik dan semoga selalu bisa terus ber-estafet untuk melanjutkanorganisasi senat ushuluddin ini “, Tutur saudara Iqbal dalam sambutannya serta ia juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitiayang telah bersinergi dan bahu membahu mencurahkanfikiran dan tenaganya untuk mensukseskan acara ini.
      Dilanjut dengan sambutan saudara Yahya Wawanselaku Kepala Badan Pengawas Organisasi (BPO). Mewakili lembaga tertinggi struktur organisasi SEMA-FU, “Apresiasi besar kepada kabinet Ruwadul Umamkarena telah banyak memberikan inovasi pada kepengurusannya dan banyak sekali keutamaan pada kabinet Ruwadul Umam ini “. Tegas Yahya pada kata sambutannya yang diiringi tepuk tangan audiens yang memenuhi ruangan sidangSelain itu juga Yahya memberikan beberapa pesan untuk calon ketua SEMA-FU selanjutnya. Kemudian disusul dengan sambutanselanjutnya oleh saudara Rifki Ramdhani selaku Wakil Presiden PPMI 2020/2021. Mahasiswa jurusan Haditsyang juga pernah menjabat ketua SEMA-FU 2018/2019 memberikan banyak apresiasi kepada senatdikarenakan kegigihannya dalam mempertahankansemangat juang memajukan senat ini dalam masa yang tidak mudah initerlebih karena masa pandemiSelainituRifki juga mengingatkan akan pentingnya suatugagasan yang dimiliki seorang pemimpin dalammemimpin suatu organisasi. “seorang pemimpin yang akan datang harus mempunyai gagasan besar untukkedepannyaterutama harus selalu bersabarrendahhati dan humble”, tuturnya. serta dia juga berharap agar semua organisasi yang ada di masisir ini bisa salingbersinergi satu sama lain. 
     Rangkaian acara sidang selanjutnya dipimpin oleh anggota BPO SEMA-FU 2019/2020 yang terdiri dariRofi Dwi Cita sebagai Presidium Sidang I , AfifNafi’uddin sebagai Presidium Sidang II , dan Nur Fadhilah Aflah sebagai Presidium Sidang III , Serta Mona Qonitah sebagai NotulisDalam pembacaanpasal ketika sidang berlangsung tidak adapengamandemenan pasalhanya saja dikarenakanpeserta sidang kurang dari 2/3 maka sidangmendapatkan Skors waktu 5 menit, Dan setelah itupunsidang berlanjut hingga seluruh pasal ditetapkan.
     Sesi berikutnya adalah LPJ Dewan PengurusDalam presentasinyaKetua SEMA-FU NovianNuzulul Faza Menuturkan beberapa prestasi yang telahdiraih SEMA-FU ini beserta beserta beberapa kendalayang dihadapinyaSeperti halnya pada tahun ini, SEMA-FU mendapatkan kesempatan emas bisaberkolaborasi dengan PPIDK Timur Tengah- Afrika dalam salah satu agendanya, Dan hal ini menjadikeinginan terbesar Novian ketika dia menjabat“ Keinginan saya pada tahun ini yaitu bisa membukawadah untuk mahasiswa dalam meningkatkankeilmuan “ tuturnya  kala memberikan laporanDisisilain juga ada beberapa proker yang mendapat kendaladikarenakan pandemi dan keadaan yang kurangmendukungSeperti halnya Lomba Karya Tulis Ilmiahyang belum bisa terlaksana akibat pandemi. Setelah ituDilanjut dengan penilaian dan tanggapan dari beberapafraksi, dimana dalam hal ini Presidium membacakanpenilaian dari setiap fraksi dan hasil yang di peroleh. Dan setelah pembacaan laporan Pertanggung jawabanDP SEMA-FU yang bernama Kabinet Ruwadul UmaminiAkhirnya semua laporan diterima dan lulus denganpredikat ‘Jayyid Jiddan’.
    Setelah penilaian LPJ usaiDisambung dengan acara istirahat dan sholat jama’ah. Dan untuk pemilihantahun ini memang terbilang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnyaPasalnya Kegiatan SPA yang dilakukan semi online ini juga menarik banyakperbedaan dalam tata cara pelaksanaanDimana ditahun sebelumnya pemilihan ketua dilaksanakanditempat acara dan diikuti dengan debat antar satucalon dengan yang lain; Akan tetapi ditahun inipemilihan dilaksanakan dengan cara online, yaitudengan prosedur dan tata cara pemilihan yang telahdirancang oleh panitia. Dan dari pemilihan online, adadua kandidat yang mengajukan diri dalam parade pemilihan ketua baru SEMA-FU iniyaitu SaudaraNabiel Fauzan M ( Tingkat 2, KSW ); dan Hamzah Assad Abdul Jabbar ( Tingkat 2, KPMJB )
     Dari perolehan suara yang tertampung, Akhirnyasaudara Hamzah mendapatkan suara terbanyak denganperolehan  65suarasementara saudara Nabielmendapatkan perolehan suara 35% . Dengan demikiansaudara Hamzah Assad Abdul Jabbar Resmi diangkatmenjadi ketua baru SEMA-FU tahun 2020/2021.
    Serah terima jabatan ketua SEMA-FU langsungdiwakili oleh Novian Nuzulul Faza selaku ketuaSEMA-FU 2019/2020, Setelah itu, dewan sidangmemberikan kesempatan kepada ketua terpilih Hamzah Assad Abdul Jabbar untuk memberikan sambutanDalam sambutannya ia berterima kasih kepada seluruhwarga SEMA-FU kabinet Ruwadul Umamserta iajuga menyinggung otoriter senat, yang mana dalam halpendidikan senat mempunyai otoritatif yang sangatbesar untuk memajukan pendidikan“ intinya senat itumempunyai otoritatif dalam hal pendidikanjadi senatitu mempunyai sifat tajaddud ( memberikan pembaruanterus menerus ) “Tuturnya dalam sambutan.
   Setelah acara serah terima jabatan baru SEMA-FU, Acara disambung dengan pemilihan Badan PengurusOrganisasi (BPO), yang dalam hal ini juga dilaksanakan dengan sistem pemilihan suara secaraonline. Dan dari semua suara yang tertampungada 5 anggota yang terpilih menjadi BPO SEMA-FU pada tahun iniyaitu : Muhammad Alif RafdiAlfi SyahriSeptia Ulfa LestriRezki Uswatun Hasanah, dan Novian Nuzulul Faza. Proses serah jabatan BPO inidiwakili oleh Yahya Wawan sebagai perwakilan BPO demisioner dan Muhammad Alif Rafdi sebagaiperwakilan BPO baru SEMA-FU 2020/2021.
   Setelah usainya acara pemilihan BPO, Semuarangkaian acara selesai tepat pada pukul 22.30 CLT. Besar harapan kepada ketua baru SEMA-FU besertajajaran pengurus yang lain untuk bisa menjadikan senatsebagai wadah yang bisa menaungi dalam halakademisi serta keilmuanwadah yang bisamenuntaskan sebaik mungkin program kerja yang akandiusung dikemudian hariserta bisa terus membawaperubahan yang lebih baik untuk kedepannya
(Red/Fahmi Latifuddin)
   



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Makna Sifat Wahdaniyah?

Sifat wahdaniyah merupakan salah satu sifat Salbiyah dari sifat-sifat wajib Allah. Sifat salbiyyah yaitu: هي الصفات التي تنفي عن الله ما لا يليق بذاته تعالى "Sifat-sifat yang menafikan dari Allah segala sifat yang tidak layak pada Dzat-Nya" Maka sifat wahdaniyah adalah sifat yang menafikan at-ta'ddud (berbilang-bilang), baik itu berbilang dalam dzat (at-ta'addud fî ad-dzât), berbilang dalam sifat (at-ta'addud fî ash-shifât) dan berbilang pada perbuatan (at-ta'addud fî al-af'âl). Adapun rinciannya sebagai berikut: 1.        Keesaan Dzat (Wahdah ad-Dzât) , ada dua macam: a.        Nafyu al-Kamm al-Muttashil (menafikan ketersusunan internal) Artinya, bahwa dzat Allah tidak tersusun dari partikel apapun, baik itu jauhar mutahayyiz, 'ardh ataupun jism. Dalil rasional: "Jikalau suatu dzat tersusun dari bagian-bagian, artinya dzat itu membutuhkan kepada dzat yang membentuknya. Sedangkan Allah mustahil membutuhkan pada suatu apapun. Ma

10 Prinsip Dasar Ilmu Mantiq

 كل فن عشرة # الحد والموضوع ثم الثمرة ونسبة وفضله والواضع # والاسم الاستمداد حكم الشارع مسائل والبعض بالبعض اكتفى # ومن درى الجميع حاز الشرفا      Dalam memahami suatu permasalahan, terkadang kita mengalami kekeliruan/salah paham, karena pada tabiatnya akal manusia sangat terbatas dalam berpikir bahkan lemah dalam memahami esensi suatu permasalahan. Karena pola pikir manusia selamanya tidak berada pada jalur kebenaran. Oleh karena itu, manusia membutuhkan seperangkat alat yang bisa menjaga pola pikirnya dari kekeliruan dan kesalahpahaman, serta membantunya dalam mengoperasikan daya pikirnya sebaik mungkin. Alat tersebut dinamakan dengan ilmu Mantiq. Pada kesempatan ini, kami akan mencoba mengulas Mabadi ‘Asyaroh - 10 prinsip dasar -  ilmu Mantiq. A.  Takrif: Definisi Ilmu Mantiq      Ditinjau dari aspek pembahasannya, ilmu Mantiq adalah ilmu yang membahas tentang maklumat – pengetahuan - yang bersifat tashowwuri (deskriptif) dan pengetahuan yang besifat tashdiqi (definit

10 Prinsip Dasar Ilmu Tauhid

A. Al-Hadd: Definisi Ilmu Tauhid Ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang bisa meneguhkan dan menguatkan keyakinan dalam beragama seorang hamba. Juga bisa dikatakan, ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang membahas jalan dan metode yang bisa mengantarkan kita kepada keyakinan tersebut, melalui hujjah (argumentasi) untuk mempertahankannya. Dan juga ilmu tentang cara menjawab keraguan-keraguan yang digencarkan oleh musuh-musuh Islam dengan tujuan menghancurkan agama Islam itu sendiri. B. Maudhu’: Objek Pembahasan Ilmu Tauhid Ada beberapa pembahasan yang dijelaskan dalam ilmu ini, mulai dari pembahasan `maujud` (entitas, sesuatu yang ada), `ma’dum` (sesuatu yang tidak ada), sampai pembahasan tentang sesuatu yang bisa menguatkan keyakinan seorang muslim, melalui metode nadzori (rasionalitas) dan metode ilmi (mengetahui esensi ilmu tauhid), serta metode bagaimana caranya kita supaya mampu memberikan argumentasi untuk mempertahankan keyakinan tersebut. Ketika membahas ent

10 Prinsip Dasar Ulumul Quran

A. Ta’rif/Definisi Ulumul Quran      Ulumul Quran merupakan kumpulan masalah dan pembahasan yang berkaitan dengan Alquran.  B. Maudhu’/Objek pembahasan Ulumul Quran        Ulumul Quran adalah satu disiplin ilmu yang fokus membahas masalah-masalah Alquran. Mulai dari pembahasan Nuzulul Quran, penugmpulan ayat-ayat Alquran, urutan ayat, bayanul wujuh (penjelasan tentang peristiwa yang mengiringi turunnya suatu ayat Alquran), Asbabun Nuzul, penjelasan sesuatu yan asing dalam Alquran, dan Daf’us syubuhat (menjawab keraguan yang mempengaruhi  keeksistensian Alquran), Dsb. C.  Tsamroh/Manfaat mempelajari Ulumul Quran Dalam kitab Ta’limul Muta’allim syekh Az-zarnuji mengungkapkan; bahwa setiap usaha pasti membuahkan hasil tersendiri. Adapun hasil dari mempelajari Ulumul Quran adalah sebagai berikut: 1. Mengetahui peristiwa yang mempengaruhi Al quran dari masa baginda nabi Muhammad SAW. hingga sekarang.  2. Megetahui keraguan-keraguan yang datang dari beberapa arah, ser

10 Prisnsip Dasar Ilmu Nahwu

A.      Takrif: Definisi ilmu Nahwu Dalam pembahasan ini, definisi ilmu Nahwu bisa diketahui dari dua hal: 1.       Secara Etimologi (Bahasa). Lafaz An-nahwu setidaknya memiliki 14 padanan kata. Tapi hanya ada 6 makna yang masyhur di kalangan para pelajar; yakni Al-qoshdu (niat), Al-mitslu (contoh), Al-jihatu (arah tujuan perjalanan), Al-miqdaru (nilai suatu timbangan), Al-qismu (pembagian suatu jumlah bilangan), Al-ba’dhu (sebagaian dari jumlah keseluruhan). النحو Terjemahan Padanan kata Niat النية Contoh المثل Arah الجهة Nilai, Kadar المقدار Bagian القسم Sebagian البعض 2.       Secara Terminologi (istilah). Dalam hal ini Ilmu Nahwu memiliki 3 pengertian:  a) Ilmu Nahwu adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui kondisi yang terletak di akhir suatu kalimat, baik kalimat itu berstatus mu’rob maupun mabni, dan ini adalah