Langsung ke konten utama

Tingkatkan Persiapan Ujian, SEMA-FU Adakan Try Out Untuk Mahasiswa Tingkat 1

ushuluddin.com, Kairo - Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin adakan agenda Try Out untuk mahasiswa/i tingkat 1 pada Jumat (6/12). Acara tersebut diadakan serentak di 4 lokasi. Markaz Ushuluddin, Aula KSW, Ruwaq Indonesia dan Aula Daha KMJ, dengan total 261 peserta yang mendaftar.

Try out kelompok 1 yang diadakan di Markaz Ushuluddin, Darrasah, dimulai pada pukul 13.50 CLT. Diawali dengan pengarahan oleh panitia dan Try Out Mantiq, yang selesai pada pukul 14.20 CLT. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan Try Out Nuzum dari pukul 14.50 CLT sampai dengan 17.20 CLT.

Pada tahun ini, panitia mengadakan sesi pembahasan soal dan jawaban Try Out. Untuk pembahasan mantiq di Markaz Ushuluddin disampaikan oleh Saudara Hamzah Assad dan pembahasan nuzum disampaikan oleh Saudara Alfi Syahri. Peserta yang mengikuti try out di Markaz Ushuluddin berjumlah 13 orang, 11 banin dan 2 banat dari total 50 pendaftar.

Panitia yang bertugas di Markaz Ushuluddin berjumlah 7 orang. Try out di Markaz Ushuluddin berlangsung lancar dan ke 13 peserta mengikuti kegiatan sampai selesai.

Try Out kelompok 2 yang diadakan di Aula KSW, Hay Asyir, dimulai pada pukul 14.00 CLT. Diawali dengan pengarahan oleh panitia, Try Out  Mantiq selesai pada pukul 15.30 CLT. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan Try Out Nuzum dari pukul 16.00 CLT hingga 17.00 CLT.

Sesi pembahasan soal dan jawaban Try Out Mantiq disampaikan oleh Saudara Nabiel Fauzan dan pembahasan Nuzum disampaikan oleh Saudara Faisal Fikri. Peserta yang mengikuti try out di Aula KSW berjumlah 51 peserta dari total 91 pendaftar.

Panitia yang bertugas di Aula KSW berjumlah 7 orang. Keadaan tempat yang cukup nyaman, bersih, tenang dan sangat mendukung konsentrasi peserta. Namun terbatasnya jumlah toilet cukup menyulitkan peserta yang ingin berwudhu atau memakai toilet.

Try Out kelompok 3 yang diadakan di Ruwaq Indonesia, Darrasah, dimulai pada pukul 14.00 CLT. Diawali dengan pengarahan oleh panitia dan Try Out Mantiq, yang selesai pada pukul 15.00 CLT. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan Try Out Nuzum dari pukul 15.40 CLT hingga pukul 16.40 CLT.

Sesi pembahasan soal dan jawaban Try Out Mantiq disampaikan oleh Saudara Rama Aulia dan pembahasan Nuzum disampaikan oleh Saudara Fajri Fauzi. Peserta yang mengikuti Try Out di Ruwaq Indonesia berjumlah 7 orang peserta laki-laki. Tercatat dari 30 pendaftar hanya ada 5 peserta yang hadir ditambah 2 orang peserta yang tidak mendaftar.

Panitia yang bertugas di Ruwaq Indonesia berjumlah 7 orang. Kendala yang terjadi berupa keterlambatan peserta dan banyak dari peserta yang sudah mendaftar tapi tidak hadir, serta waktu pelaksanaan yang dibatasi sampai magrib oleh pihak Ruwaq Indonesia.

Try out kelompok 4 yang diadakan di Aula Daha KMJ, Hay Asyir dimulai pada pukul 13.50 CLT. Diawali dengan pengarahan oleh panitia dan Try Out Mantiq, yang selesai pada pukul 15.20 CLT. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan try out nuzum dari pukul 15.40 CLT hingga pukul 16.40 CLT.

Sesi pembahasan soal dan jawaban Try Out Mantiq disampaikan oleh Saudara Alif Rafdi dan pembahasan Nuzum disampaikan oleh Saudara Abdul Karim Amrullah. Peserta yang mengikuti try out di Aula Daha, KMJ, berjumlah 34 orang, 12 banin dan 22 banat dari total 91 pendaftar. 

Panitia yang bertugas di Aula KMJ berjumlah 6 orang. Kendala yang terjadi berupa keterlambatan peserta dan banyak dari peserta yang sudah mendaftar tapi tidak hadir, serta waktu pelaksanaan yang dibatasi sampai pukul 19.00 oleh pihak Aula Daha KMJ.

Total peserta try out keseluruhan berjumlah 105 orang dari 261 pendaftar. Setelah Try Out diadakan, panitia langsung mengoreksi lembar jawaban peserta yang mana nilai terbaik pada Try Out ini akan diumumkan di sosial media SEMA-FU.

"Alhamdulillah, kegiatan Try Out termin 1 yang diadakan SEMA-FU sangat membantu dalam memberi gambaran ujian termin 1 nantinya.
Dari try out ini, saya jadi lebih tahu bagaimana bentuk soal, bentuk lembar jawaban, tips menjawab soal, tips menulis jawaban agar mudah dikoreksi dan dibaca, serta tips untuk sukses ujian lainny
a. Secara keseluruhan, try out ini sangat bermanfaat dan efektif. Juga terima kasih banyak kepada kakak-kakak senat sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk mengadakan try out disela-sela kesibukan mempersiapkan ujian, semoga selalu istiqomah menebar dan melakukan kebaikan, semoga Allah balas beribu kebaikan, amin, " ungkap Saudari Syarifah Jasmine, salah satu peserta try out.
Oleh: Alif Rafdi
Editor: Resha Husain




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Makna Sifat Wahdaniyah?

Sifat wahdaniyah merupakan salah satu sifat Salbiyah dari sifat-sifat wajib Allah. Sifat salbiyyah yaitu: هي الصفات التي تنفي عن الله ما لا يليق بذاته تعالى "Sifat-sifat yang menafikan dari Allah segala sifat yang tidak layak pada Dzat-Nya" Maka sifat wahdaniyah adalah sifat yang menafikan at-ta'ddud (berbilang-bilang), baik itu berbilang dalam dzat (at-ta'addud fî ad-dzât), berbilang dalam sifat (at-ta'addud fî ash-shifât) dan berbilang pada perbuatan (at-ta'addud fî al-af'âl). Adapun rinciannya sebagai berikut: 1.        Keesaan Dzat (Wahdah ad-Dzât) , ada dua macam: a.        Nafyu al-Kamm al-Muttashil (menafikan ketersusunan internal) Artinya, bahwa dzat Allah tidak tersusun dari partikel apapun, baik itu jauhar mutahayyiz, 'ardh ataupun jism. Dalil rasional: "Jikalau suatu dzat tersusun dari bagian-bagian, artinya dzat itu membutuhkan kepada dzat yang membentuknya. Sedangkan Allah mustahil membutuhkan pada suatu apapun. Ma

10 Prinsip Dasar Ilmu Mantiq

 كل فن عشرة # الحد والموضوع ثم الثمرة ونسبة وفضله والواضع # والاسم الاستمداد حكم الشارع مسائل والبعض بالبعض اكتفى # ومن درى الجميع حاز الشرفا      Dalam memahami suatu permasalahan, terkadang kita mengalami kekeliruan/salah paham, karena pada tabiatnya akal manusia sangat terbatas dalam berpikir bahkan lemah dalam memahami esensi suatu permasalahan. Karena pola pikir manusia selamanya tidak berada pada jalur kebenaran. Oleh karena itu, manusia membutuhkan seperangkat alat yang bisa menjaga pola pikirnya dari kekeliruan dan kesalahpahaman, serta membantunya dalam mengoperasikan daya pikirnya sebaik mungkin. Alat tersebut dinamakan dengan ilmu Mantiq. Pada kesempatan ini, kami akan mencoba mengulas Mabadi ‘Asyaroh - 10 prinsip dasar -  ilmu Mantiq. A.  Takrif: Definisi Ilmu Mantiq      Ditinjau dari aspek pembahasannya, ilmu Mantiq adalah ilmu yang membahas tentang maklumat – pengetahuan - yang bersifat tashowwuri (deskriptif) dan pengetahuan yang besifat tashdiqi (definit

10 Prinsip Dasar Ilmu Tauhid

A. Al-Hadd: Definisi Ilmu Tauhid Ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang bisa meneguhkan dan menguatkan keyakinan dalam beragama seorang hamba. Juga bisa dikatakan, ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang membahas jalan dan metode yang bisa mengantarkan kita kepada keyakinan tersebut, melalui hujjah (argumentasi) untuk mempertahankannya. Dan juga ilmu tentang cara menjawab keraguan-keraguan yang digencarkan oleh musuh-musuh Islam dengan tujuan menghancurkan agama Islam itu sendiri. B. Maudhu’: Objek Pembahasan Ilmu Tauhid Ada beberapa pembahasan yang dijelaskan dalam ilmu ini, mulai dari pembahasan `maujud` (entitas, sesuatu yang ada), `ma’dum` (sesuatu yang tidak ada), sampai pembahasan tentang sesuatu yang bisa menguatkan keyakinan seorang muslim, melalui metode nadzori (rasionalitas) dan metode ilmi (mengetahui esensi ilmu tauhid), serta metode bagaimana caranya kita supaya mampu memberikan argumentasi untuk mempertahankan keyakinan tersebut. Ketika membahas ent

10 Prinsip Dasar Ulumul Quran

A. Ta’rif/Definisi Ulumul Quran      Ulumul Quran merupakan kumpulan masalah dan pembahasan yang berkaitan dengan Alquran.  B. Maudhu’/Objek pembahasan Ulumul Quran        Ulumul Quran adalah satu disiplin ilmu yang fokus membahas masalah-masalah Alquran. Mulai dari pembahasan Nuzulul Quran, penugmpulan ayat-ayat Alquran, urutan ayat, bayanul wujuh (penjelasan tentang peristiwa yang mengiringi turunnya suatu ayat Alquran), Asbabun Nuzul, penjelasan sesuatu yan asing dalam Alquran, dan Daf’us syubuhat (menjawab keraguan yang mempengaruhi  keeksistensian Alquran), Dsb. C.  Tsamroh/Manfaat mempelajari Ulumul Quran Dalam kitab Ta’limul Muta’allim syekh Az-zarnuji mengungkapkan; bahwa setiap usaha pasti membuahkan hasil tersendiri. Adapun hasil dari mempelajari Ulumul Quran adalah sebagai berikut: 1. Mengetahui peristiwa yang mempengaruhi Al quran dari masa baginda nabi Muhammad SAW. hingga sekarang.  2. Megetahui keraguan-keraguan yang datang dari beberapa arah, ser

10 Prisnsip Dasar Ilmu Nahwu

A.      Takrif: Definisi ilmu Nahwu Dalam pembahasan ini, definisi ilmu Nahwu bisa diketahui dari dua hal: 1.       Secara Etimologi (Bahasa). Lafaz An-nahwu setidaknya memiliki 14 padanan kata. Tapi hanya ada 6 makna yang masyhur di kalangan para pelajar; yakni Al-qoshdu (niat), Al-mitslu (contoh), Al-jihatu (arah tujuan perjalanan), Al-miqdaru (nilai suatu timbangan), Al-qismu (pembagian suatu jumlah bilangan), Al-ba’dhu (sebagaian dari jumlah keseluruhan). النحو Terjemahan Padanan kata Niat النية Contoh المثل Arah الجهة Nilai, Kadar المقدار Bagian القسم Sebagian البعض 2.       Secara Terminologi (istilah). Dalam hal ini Ilmu Nahwu memiliki 3 pengertian:  a) Ilmu Nahwu adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui kondisi yang terletak di akhir suatu kalimat, baik kalimat itu berstatus mu’rob maupun mabni, dan ini adalah