Skip to main content

Ucapan Terima Kasih kepada elemen masisir terutama DP PPMI, BPA PPMI dan MPA PPMI Masa Bakti 2018-2019.

Dua Pasang Presiden dan Wapres yang memiliki atensi besar terhadap pergerakan Senat Mahasiswa Masisir
Alhamdulillah Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi (RAPBO) telah selesai dilaksanakan di Aula Limas, Hay Asyir. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2018 bertepatan hari Selasa yang dikoordinir oleh BPA PPMI 2018-2019. Karena adanya acara ini kami dapat mencurahkan segala isi hati kami yang telah kami pendam selama satu tahun, dan alhamdulillah hadirin dapat memahami dan memaklumi apa yang telah kami rasakan.

Maka ucapan terima kasih terbesar kami ialah kepada MPA PPMI, BPA PPMI, Komisi 7 sidang, dan terutama kepada Dewan Pengurus Pusat PPMI 2018-2019 yang dikomando oleh saudara Saeful Jihad, Lc. Dan saudara Muhammad Chudlary, Lc. Karena mereka lah aspirasi dewan pengurus Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin 2017-2018 dapat diterima dengan baik, dan impian DP senat alhamdulillah dapat tercapai.

Impian ini berawal semenjak kami menjabat setahun ini, ketika kami sangat kesulitan mencari dana untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang akademik dan wawasan serta pengetahuan masisir terutama mahasiswa Ushuluddin. Tidak memiliki pemasukan yang cukup untuk senat mungkin sudah menjadi rahasia umum dalam kalangan masisir. Dan hal inilah yang kami perjuangkan setahun ini, mencari pengakuan bahwa senat ialah organisasi yang sangat penting dalam roda organisasi masisir. Sehingga nantinya, banyak pihak yang mendukung keberadaanya dan tidak memandangnya sebelah mata,
 
BPA dan MPA
Pada RAPBO inilah para pengurus Senat Mahasiswa (Sema) memohon bantuan sepenuhnya kepada PPMI Mesir, untuk membantu keuangan Sema yang tidak memiliki pemasukan dari manapun. Alhamdulillah DPP PPMI tahun ini dengan berbagai agenda mereka yang luar biasa, mereka tetap memprioritaskan keilmuan, acara seminar kajian pun nantinya insya Allah akan menjadi agenda perdana masisir yang luar biasa. Mereka juga menggandeng Sema dalam beberapa kegiatan berskala besar yang insya Allah akan sangat bemanfaat dalam menunjang akademik masisir. Dan di tahun inilah DPP PPMI sungguh-sungguh dalam membantu kegiatan-kegiatan senat, dengan membantu kami secara langsung dengan materil.

Total empat puluh empat ribu pound mesir dengan perincian lima belas ribu untuk senat ushuluddin, lima belas ribu untuk senat syari’ah, delapan ribu untuk senat bahasa arab, dan enam ribu untuk senat dirasat telah disahkan dalam RAPBO tahun ini. Maka kami sekali lagi mengucapkan ribuan terima kasih kepada PPMI Mesir yang bersedia membantu kami, dengan ini mereka membuktikan bahwa PPMI Mesir bukan hanya organisasi yang mementingkan program kerjanya saja, akan tetapi juga mendengar suara-suara anggota yang membutuhkan mereka.

Kami Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin masa bakti 2017-2018 yang nantinya akan melaporkan pertanggung jawabannya pada 13 Agustus 2018 mendatang, berpesan kepada para pengurus Sema-FU yang akan menggantikan kami, untuk menjaga kepercayaan ini, dengan mewujudkan kinerja yang membuktikan peran senat, baik dalam kinerja organisasi itu sendiri, juga nantinya dalam kerja sama dengan organisasi-organisasi lain di Mesir.     
 
DP SEMA-FU 2017/2018
Kami juga dengan berbagai kekurangan yang ada berpesan kepada teman-teman pengurus senat untuk tidak berhenti menebar manfaat dalam amanah satu tahun ini saja, namun juga dapat menebar manfaat terus menerus, terutama untuk berbagi pengalaman atas apa yang telah teman-teman raih selama setahun ini. Akhirnya kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada PPMI Mesir yang mungkin ada salah tutur bahasa dalam sidang kemarin, karena kami juga manusia yang tak luput dari kesalahan dan kekurangan. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Makna Sifat Wahdaniyah?

Sifat wahdaniyah merupakan salah satu sifat Salbiyah dari sifat-sifat wajib Allah. Sifat salbiyyah yaitu: هي الصفات التي تنفي عن الله ما لا يليق بذاته تعالى "Sifat-sifat yang menafikan dari Allah segala sifat yang tidak layak pada Dzat-Nya" Maka sifat wahdaniyah adalah sifat yang menafikan at-ta'ddud (berbilang-bilang), baik itu berbilang dalam dzat (at-ta'addud fî ad-dzât), berbilang dalam sifat (at-ta'addud fî ash-shifât) dan berbilang pada perbuatan (at-ta'addud fî al-af'âl). Adapun rinciannya sebagai berikut: 1.Keesaan Dzat (Wahdah ad-Dzât), ada dua macam: a.Nafyu al-Kamm al-Muttashil (menafikan ketersusunan internal) Artinya, bahwa dzat Allah tidak tersusun dari partikel apapun, baik itu jauhar mutahayyiz, 'ardh ataupun jism. Dalil rasional: "Jikalau suatu dzat tersusun dari bagian-bagian, artinya dzat itu membutuhkan kepada dzat yang membentuknya. Sedangkan Allah mustahil membutuhkan pada suatu apapun. Maka mustahil Dzat Allah tersusun dari bagian.…

10 Prinsip Dasar Ilmu Tauhid

A. Al-Hadd: Definisi Ilmu Tauhid Ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang bisa meneguhkan dan menguatkan keyakinan dalam beragama seorang hamba. Juga bisa dikatakan, ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang membahas jalan dan metode yang bisa mengantarkan kita kepada keyakinan tersebut, melalui hujjah (argumentasi) untuk mempertahankannya. Dan juga ilmu tentang cara menjawab keraguan-keraguan yang digencarkan oleh musuh-musuh Islam dengan tujuan menghancurkan agama Islam itu sendiri.
B. Maudhu’: Objek Pembahasan Ilmu Tauhid Ada beberapa pembahasan yang dijelaskan dalam ilmu ini, mulai dari pembahasan `maujud` (entitas, sesuatu yang ada), `ma’dum` (sesuatu yang tidak ada), sampai pembahasan tentang sesuatu yang bisa menguatkan keyakinan seorang muslim, melalui metode nadzori (rasionalitas) dan metode ilmi (mengetahui esensi ilmu tauhid), serta metode bagaimana caranya kita supaya mampu memberikan argumentasi untuk mempertahankan keyakinan tersebut. Ketika membahas entitas, kita bisa menege…

10 Prinsip Dasar Ilmu Mantiq

كل فن عشرة # الحد والموضوع ثم الثمرة ونسبة وفضله والواضع # والاسم الاستمداد حكم الشارع مسائل والبعض بالبعض اكتفى # ومن درى الجميع حاز الشرفا
   Dalam memahami suatu permasalahan, terkadang kita mengalami kekeliruan/salah paham, karena pada tabiatnya akal manusia sangat terbatas dalam berpikir bahkan lemah dalam memahami esensi suatu permasalahan. Karena pola pikir manusia selamanya tidak berada pada jalur kebenaran. Oleh karena itu, manusia membutuhkan seperangkat alat yang bisa menjaga pola pikirnya dari kekeliruan dan kesalahpahaman, serta membantunya dalam mengoperasikan daya pikirnya sebaik mungkin. Alat tersebut dinamakan dengan ilmu Mantiq. Pada kesempatan ini, kami akan mencoba mengulas Mabadi ‘Asyaroh - 10 prinsip dasar -  ilmu Mantiq.
A.  Takrif: Definisi Ilmu Mantiq      Ditinjau dari aspek pembahasannya, ilmu Mantiq adalah ilmu yang membahas tentang maklumat – pengetahuan - yang bersifat tashowwuri (deskriptif) dan pengetahuan yang besifat tashdiqi (definitif). Berkat dua …