Langsung ke konten utama

Weekly Profile ke-9 Prof. Mahmud Hamdi Zaqzuq

Biografi Prof. Mahmud Hamdi Zaqzuq*
 

Burung-burung berkicau, pepohonan menari, dedaunan melambai. Begitulah suasana bahagia di tengah terik siang hari itu tanggal 27 Desember 1933 M di Kampung Dhahrea, Distrik Syarbin, Provinsi Daqahlea menyambut kelahiran bayi mungil bernama Mahmud Hamdi Zaqzuq.
Tiada yang menyangka, bocah kecil itu akan terkenal namanya dari belahan Barat hingga Timur bumi. Pasalnya dia hanyalah anak yatim miskin. Ayahnya meninggal saat dia baru berusia tujuh tahun. Posisi pengasuh diambil alih oleh kakak kandungnya, Mutawalli Zaqzuq.
Kejeniusan Mahmud mulai nampak sejak belia dengan menghafal Al-Qur’an dan menjuari lomba tingkat nasional.
Mahmud mulai mengenyam pendidikan di Pesantren Al-Azhar Dimyath pada tahun ajaran 1946/1947 M. Selama menjadi siswa, ia sangat peka dan kritis dengan realita yang terjadi di sekitarnya, semua curahan hatinya tentang pengamatan permasalahan ia tumpah-ruahkan pada catatan harian. Kondisi negara kala itu memang tengah menghadapi fase-fase genting.
Para siswa Al-Azhar di Ibtida’i memiliki program-program unggulan, banyak dari mereka memiliki bakat, keahlian dan kecerdasan mengungkapkan perasaan dalam bentuk sya’ir. Sebagian berhasil menembuskan karya tulisnya di majalah ternama. Di antaranya Mahmud Zaqzuq yang menulis di Majalah Ar-Risālah tahun 1953 M dua artikel berjudul: Al-Azhar dan Revolusi dan Iqtibās dari Al-Qur’an”.
Tahun 1956 M, dia mulai memasuki bangku perkuliahan di Fakultas Bahasa Arab. Fakultas ini saat itu memiliki dua syu’bah: pertama, syu’bah Ilmu Bahasa dan Sastra. Kedua, syu’bah Ilmu-Ilmu Filsafat. Mahmud sendiri memilih jurusan kedua. Disana ia diajar langsung oleh seorang filosof besar Dr. Muhammad Al-Bahi.
Di luar jam belajar kuliah, Mahmud aktif mengikuti forum-forum yang diisi oleh para professor, sastrawan dan pujangga yang sering diadakan di beberapa universitas atau panggung di Kairo. Kairo saat itu terkenal dengan gudang para budayawan, penyair dan pemikir. Dia sering mendengar tokoh idolanya Abbas Al-Aqqod, Ahmad Husein Az-Zayyat dan penyair-penyair besar lainnya.
Pada tahun 1959 M, dia meraih gelar License dari Fakultas Bahasa Arab. Setahun berikutnya 1960 M, mendapatkan ijazah magister dan sertifikasi mengajar.
Perjalanan ke Jerman
Sejak lama, putera kampung ini menyimpan impian belajar di bawah Langit Eropa. Untuk mencapai impian ini, tentu dia harus memenuhi persyaratan menguasai bahasa Asing. Karena itu, sore harinya dia aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pelatihan bahasa Asing yang difasilitasi Al-Azhar mengajarkan Bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Indonesia, Urdu dan Bahasa Teluk.
Kekagumannya pada sang guru, Dr. Al-Bahi mendorongnya memilih belajar Bahasa Jerman yang dilatih langsung oleh native speaker. Dia bersungguh-sungguh dan tekun dalam kursus itu. Sehingga ketika diadakan seleksi lima orang untuk pertukaran mahasiswa ke Jerman, Mahmud terpilih menjadi yang terbaik dalam pemilihan itu. Dia pun berangkat menggenggam impiannya ke Jerman 14 Juni 1962 M bersama empat mahasiswa Al-Azhar Asy-Syarif lain.
Ini menyadarkan para pembaca semua betapa atensi para tokoh Al-Azhar dan fleksibelitasnya dalam mendorong pelajarnya untuk menambah bekal ilmu sebanyak-banyaknya ke belahan bumi manapun. Inilah Al-Azhar yang tidak pernah seharipun menutup diri dari mengkonservasikan warisan turats dan mengadopsi perkembangan-perkembangan zaman terbaru. Inilah salah satu faktor Al-Azhar tetap kokoh sebagai benteng pertahanan ilmu Islam.
Di Jerman, pertama kali Mahmud terdaftar di Marburg University. Tak lama kemudian, ia pindah ke Munich University, salah satu universitas ternama di Jerman. Disana ia mengambil konsentrasi Filsafat.
Sistem penilitian di sana, peneliti diperkenankan memilih sendiri dosen pembimbingnya. Maka Mahmud Zaqzuq memilih Prof. Reinhard Laut. Sang professor mengusulkan proyek penelitian “Metode Skeptisme oleh Rene Descartes dan Al-Ghozali” untuk tema disertasi. Dia setuju menggarap tema itu dan menjalin kesepakatan dengan penguji. Karena Mahmud harus banyak merujuk pada karya-karya Al-Ghozali pada risetnya, sedangkan Prof. Reinhald tidak mengerti bahasa Arab, maka ia menyerahkan kepada Prof. Anton Butler, seorang orientalis kawakan sebagai pembimbing tambahan.
Dr. Zaqzuq akhirnya berhasil meraih gelar P.Hd pada Juli 2986 M dengan predikat Sangat Baik.
Dr. Zaqzuq dalam Menghadapi Isu Kenegaraan di Barat
Setelah Jerman mendeklarasikan dukungan untuk Israel tahun 1964 M, hubungan diplomasi anatar Mesir dan Jerman memburuk. Di Munich terdapat Forum Studi Komunitas Pelajar Arab. Saat itu, Dr. Zaqzuq dan Dr. Mahmud Fahmi Hijazi menerjemahkan artikel milik Haikal yang dipublish oleh Al-Ahram berjudul “bi shorāhah. Artikel ini berbicara blak-blakan soal hubungan antara Mesir dan Jerman. Forum Studi ini tak hanya berorientasi di bindang pendidikan, juga politik dan sosial. Walaupun kondisi demikian, pemerintahan Jerman tidak memutuskan beasiswa untuk pelajar Arab.
Come-Back ke Mesir: Jihad Ilmu dan Pena
Sebelum berangkat ke Jerman, Dr. Zaqzuz telah diterima bekerja di bagian Pusat Pengembangan Peradaban Islam di Majma’ Al-Buhūts Al-Islamiyyah. Sepulangnya dari jihad ilmiah di Jerman, dia mendapatkan jabatannya dimutasi sebagai pengajar di Madrasah Ibtidaiyah. Namun dengan kebijakan Syaikh Abdul Halim Mahmud, dia dikembalikan sebagai pegawai di Majma’ Al-Buhūts walau hanya magang yang tidak memiliki pekerjaan pasti. Padahal kalau menetap di Jerman, prospek kariernya cukup prestisius sebagai dosen di Jurusan Orientaslisme, namun jiwa nasionalisme mendorongnya memilih kembali ke Tanah Air.
Tahun 1969 M, Fakultas Ushuluddin Al-Azhar Kairo dan Fakultas Dār Al-Ulūm mengumumkan pembukaan lowongan untuk dosen filsafat. Dia mendaftarkan diri dan diterima di kedua Fakultas itu. Dengan arahan gurunya Dr. Al-Bahi, beliau mengurungkan kesepakatan dengan Dār Al-Ulūm untuk fokus mengajar di Universitas Al-Azhar.
Tahun 1972 dipinjamkan ke Libia sebagai pengajar di Tripoli University, disana menetap empat tahun lalu kembali ke Mesir.
Tahun 1980 lagi-lagi dipinjamkan ke Qatar, di sana ditetapkan sebagai wakil dekan Fakultas Syari’ah. Setelah kontraknya habis dan kembali ke negeri, tahun 1987 M ia ditetapkan sebagai dekan Fakultas Ushuluddin Kairo berdasarkan hasil voting suara para Profesor.
Selama menjabat sebagai Dekan, beliau menaruh perhatian besar mengembangkan perpustakaan, merintis majalah ilmiah fakultas, beliau juga memanfaatkan para ilmuan pendatang dari Eropa untuk menyampaikan kuliah dan mengorek informasi dari para orientalis. Tak heran di masanya, banyak ilmuan berdatangan dari Jerman.
Tak lama kemudian, turun keputusan menaikkan jabatannya sebagai wakil rektor Universitas Al-Azhar cabang Banat. Dua bulan kemudian diangkat sebagai Menteri Wakaf Mesir.
Menjabat Menteri Agama
Dr. Mahmud Hamdi Zaqzuq bekerja sebagai menteri wakaf selama lima belas tahun sejak tahun 1996 M. Sebenarnya guru beliau Prof. Reinhald tidak senang dengan jabatan ini, karena menurutnya muridnya ini lebih layak dengan kesibukan akademis.
Namun Dr. Mahmud menyimpan misi besar untuk memperbaiki besar-besaran kementerian wakaf. Misi ini terlihat berbuah positif selama beliau menjabat, antara lain:
1.        Memperbaiki pengurusan masjid dan memperindah arsitekturnya
2.       Penertiban dakwah dengan menerapkan sertifikasi resmi para da’i yang diatur UU No. 238 Tahun 1996 M.
3.       Pengembangan diri para imam baik dari segi keilmuan maupun tunjangan.
a.       Dari segi keilmuan mengadakan pelatihan pengembangan Imam dengan diklat dan perkumpulan di bawah naungan kementerian. Untuk mendorong peningkatan imam ini, sang menteri membuat sistem kenaikan pangkat dengan empat tingkatan.
b.      Dari segi tunjangan, sang menteri mengupayakan kenaikan gaji imam. Pada 2007 setiap imam digaji 100 LE perbulan, tahun 2009 naik menjadi 200 LE dan tahun 2010 bertambah lagi menjadi 250 LE.
4.      Mengembangkan dana wakaf dengan mengivestasikannya.
5.       Meningkatkan kinerja Al-Majlīs Al-A’lā li Asy-Syu’ūn Al-Islāmiyyah sebagai mimbar keilmuan dan pemikiran. Semua programnya ini terealisasi dengan apik. Di antaranya dengan merangkul semua masjid swasta di bawah pengurusan kementerian wakaf sejumlah 6000 masjid dalam setahun.
6.       Menjaga masjid dari upaya pengrusakan dengan UU No. 113 Tahun 2008 M pelarangan demonstrasi di lantai dan emperan Masjid. Kala itu marak dilakukan demonstrasi sampai menginjak kesakralan Masjid dengan sepatu, termasuk Masjid Al-Azhar. Bahkan keadaan memarah sampai penyerangan kepada pribadi Grand Syaikh Imam Al-Akbar Muhammad Sayyid Thanthawi.
7.       Memperbaiki pengelolaan harta pembayaran diyat narapidana yang serig dijadikan sasaran empuk oleh orang-orang yang tidak takut kepada Allah.
8.       Membangun perpustakaan umum di Masjid-Masjid besar.
9.       Memberi perhatian besar pada aspek pendidikan dan keilmuan dengan memperbanyak pengadaan seminar-seminar keilmuan, lebih spesifiknya Kantor Urusan Tertinggi  Urusan Islam mengadakan lima belas konferensi besar pertahun bertema: Islam dan Masa Depan Peradaban, Demografi Islam Abad ke-25, Resolusi Peradaban sebagai Kebangkitan Dunia Islam, Islam dan Perubahan-Perubahan Zaman, Pembaharuan Pemikiran Islam, Meneguhkan Identitas Islam di Dunia yang Berubah-Ubah, Masa Depan Umat Islam, Toleransi dalam Kultur Islam, Problematika Dunia Islam Era Globalisasi dan Solusinya, Rekonstruksi Keamanan Sosial dalam Persefektif Islam, Pembaharuan Pemikiran Islam, Maqāshid asy-Syarī’ah al-Islamiyah, Isu-Isu terkini dan Sakralitas dalam Agama dan Sejarah.
10.    Menerbitkan banyak ensiklopedia besar yang disusun oleh para Ulama besar, di antaranya:
a.       Ensiklopedia Spisesial Al-Qur’an: 900 halaman.
b.      Ensiklopedia Ilmu Hadits: 1051 halaman.
c.       Ensiklopedia Tokoh-Tokoh Pemikir Islam: 1211 halaman.
d.      Ensiklopedia Peradaban: 983 halaman.
e.       Ensiklopedia Pengaturan Syari’at Islam: 783 halaman.
f.        Ensiklopedia Sekte-Sekte dan Madzhab-Madzhab di Dunia Islam: 886 halaman.
g.       Ensiklopedia Thasawuf Islam: 808 halaman.
h.      Ensiklopedia Filsafat Islam: 1054 halaman.
i.         Ensiklopedia Aqidah Islam; 1235.
11.     Kementerian saat itu melakukan langkah nyata menyebarkan pemahaman Islam yang lurus. Majlīs al-A’lā li Asy-Syu-ūn Al-Islāmiyah sebagai ujung tombak menerbitkan banyak proyek signifikan:
a.       Terjemahan Ma’na-Ma’na Al-Qur’an ke Bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, Spanyol, Indonesia dengan dibagi secara gratis.
b.      Buku berjudul “Klarifikasi Islam Menjawab Serangan-Serangan Para Promotor Keraguan”, dalam 670 halaman.
c.       Buku-buku saku tentang pelurusan pemahaman yang keliru, seperti Membongkar Terorisme, Salaf dan Salafiyah, Cadar, Khitan dan lainnya.
Kementerian Agama di bawah kendalinya juga melakukan program unggulan di antaranya:
1.        Membeli saham pabrik pembuatan karpet masjid di Damanhur, menjadi pusat pemroduksian karpert-karpet dengan kualitas tinggi.
2.       Menginvestasikan dana wakaf dengan membeli 50.000 are lahan di Uwainah Timur (bagian Barat Daya Mesir) dikelola dengan baik dan memberi pemasukan besar.
3.       Membangun Nur Mubarok Egypt University of Islamic Culture di Kazakhstan seluas 6000 m2 di Kota Besar Almaty.
4.      Menyelesaikan Rumah Sakit khusus pengobatan para Da’i estafet dari menteri sebelum beliau masih batu-batu pondasi. Di masa itu, rumah sakit ini termasuk rumah sakit termewah di Mesir.
15 tahun menjabat bukan waktu singkat, namun beliau menyelesaikan tugasnya dengan tangan yang bersih dan jiwa suci tanpa tersentuh satu kasuspun.
Karya-Karya
Cendikiawan besar ini produktif menyusun karya-karya ilmiah. Adapun Karya berbahasa Arab terhitung mencapai 29 buah kitab:
1.        Tamhīd li al-Falsafah (Pengantar Ilmu Filsafat)
2.       Al-Manhaj Al-Falsafi baina Al-Ghozāli wa Dīkart (Metodologi Filosofis Persefektif Al-Ghozali dan Rene Descartes)
3.       Al-Istisyrāq wa al-Kholfiyyah al-Fikriyyah li Ash-Shirā Al-Hadhōri (Orientalisme dan Keterbelakanagan Pemikiran dalam Konteks Pergulatan Peradaban)
4.      Ad-Dīn wa Al-Hadhōroh (Agama dan Peradaban)
5.       Haqōiq Islāmiyah fī Muwājahati Hamalāt At-Tasykīk (Sikap Islam dalam Menghadapi Para Pembuat Keraguan)
6.       Dirāsat fī al-Falsafah al-Hadītsah (Studi Filsafat Modern)
7.       Madhkol fī al-Falsafah al-Islamiyyah (Pengantar Ilmu Filsafat Islam)
8.       Muqoddimah fi ‘Ilmi al-Akhlāq
9.       Muqoddimah fī al-Falsafah al-Islamiyyah
10.    Al-Islām fī Mir-āti al-Fikr al-Gharbiy (Islam dalam Kaca Mata Pemikiran Barat)
11.     Al-Islām fī ‘Ashri al-‘Aulamah (Islam di Era Globalisasi)
12.    Al-Hadhārah Farīdhah Islamiyyah
13.    Al-Islām wa Qadhāya al-Hiwār
14.   Al-Islām wa al-Gharb
15.    Humūm al-Ummah al-Islamiyyah
16.    Al-Insān wa Al-Qiyam fī At-Tashowwur Al-Islāmi
17.    Tsalāts Rosā-il fī al-ma’rifati li al-Imām Al-Ghozāli: Tahqīq wa Dirāsah
18.    Al-Islām fī Tashowwurāt al-Gharb
19.    Al-Islām wa Musykilāt al-Muslimīn fī Almania
20.   Al-Islām wa Qadhāya al-Ashr
21.    min A’lām al-Fikr al-Islāmi al-Hadīts
22.   Al-Islām wa Qadhāya al-Insān
23.   Maqāshid asy-Syarī’ah al-Islāmiyyah
24.  Mafātih al-Hadhārah wa Tahaddiyyat al-Ashr
25.   Al-Fikr ad-Dīni wa Qadhāyā al-Ummah al-Islāmiyyah
26.   Al-Muslimūn fi Muftaraq ath-Thuruq
27.   Al-Fikr ad-Dīni wa Qadhāya al-Ashr
28.   Ad-Dīn li al-Hayāh
Karya dan Terjemahan dalam Bahasa Asing:
1.        Berbahasa Jerman ada empat kitab:
a.       Studi Perbandingan Aliran Filsafat Al-Ghozali dengan Aliran Filsafat Descartes
b.      Mengenal Islam
c.       Isu-Isu Tentang Islam
d.      Islam dan Perbincangan Aktual
2.       Buku-buku beliau yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris:
a.       Sikap Islam Menghadapi para Promotor Keraguan Agama
b.      Memahami Tujuan dalam Pensyari’atan dan Urgensi Pembaharuan
c.       Peran Islam dalam Mengembangkan Pemikiran Filsafat
d.      Relasi Kulturan Dunia Islam dan Barat
e.       Perdamaian dalam Kacamata Islam
3.       Buku-buku beliau yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Prancis:
a.       Sikap Islam Menghadapi para Promotor Keraguan Agama
b.      Dialog Muslim dan Kristiani
c.       Dialog Tematik bersama Paus Vatikan
4.      Terjemahan ke Bahasa Caucasus:
a.       Sikap Islam Menghadapi para Promotor Keraguan Agama
b.      Islam dan Isu-Isu Aktual
d.       Terjemahan ke Bahasa Rusia, Thailand, Spanyol dan Indonesia: Sikap Islam Menghadapi para Promotor Keraguan Agama
5.       Terjemahan ke Bahasa Turki dan Indonesia: Orientalisme dan Keterbelakanagan Pemikiran dalam Konteks Pergulatan Peradaban
6.       Terjemahan ke Bahasa Bosnia: Studi Perbandingan Aliran Filsafat Al-Ghozali dengan Filsafat Descartes
Selain itu, beliau juga mengalih-bahasakan buku berbahasa Jerman ke Bahasa Arab, di antaranya:
a.       Buku Pengantar Pemikiran Filsafat karya Buchinsky
b.      Tim Penerjemah kitab Sejarah Sastra Arab karya Bruckelman.

Penghargaan-Penghargaan
Dr. Zaqzuq dianugerahi banyak penghargaan atas berbagai prestasi gemilangnya, di antaranya:
1.        Penghargaan Negara atas jasa dalam Ilmu Sosial: 1997 M
2.       Bintang kehormatan dari Republik Jerman
3.       Bintang kehormatan Nomor 1 atas konstribusi pengembangan ilmu dan skill: 2014 M
4.      Penghargaan Internasional dari Presiden Tunis atas Konstribusi dalam Ilmu-Ilmu Islam: 2003 M.
Tergabung dalam kenggotaan di berbagai lembaga-lembaga keilmuan, di antaranya:
1.        Anggota Pusat Riset Islami
2.       Anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar Asy-Syarif
3.       Anggota Majelis Cendikiawan Muslimin
4.      Ketua Ikatan Filsafat selama 20 tahunan sampai sekarang
5.       Anggota Lembaga Intelektual Mesir
6.       Anggota Ikatan Penulis Mesir
7.       Anggota Pembina Akademi Eropa dalam pengembangan Ilmu dan Skill di Salzburg, Austria.
Dr. Zaqzuq memiliki banyak jam terbang menyampaikan kuliah di forum-forum keilmuan dan wawasan di kota-kota Eropa. Sampai sekarang konstribusi untuk umat tetap deras. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan memanjangkan umurnya.


* Sumber: Biografi Prof. Dr, Mahmud Hamdi Zaqzuq oleh Prof. Dr. Ibrahim Hud Hud
Diterjemahkan oleh: Muhammad Zainuddin Rz

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Makna Sifat Wahdaniyah?

Sifat wahdaniyah merupakan salah satu sifat Salbiyah dari sifat-sifat wajib Allah. Sifat salbiyyah yaitu: هي الصفات التي تنفي عن الله ما لا يليق بذاته تعالى "Sifat-sifat yang menafikan dari Allah segala sifat yang tidak layak pada Dzat-Nya" Maka sifat wahdaniyah adalah sifat yang menafikan at-ta'ddud (berbilang-bilang), baik itu berbilang dalam dzat (at-ta'addud fî ad-dzât), berbilang dalam sifat (at-ta'addud fî ash-shifât) dan berbilang pada perbuatan (at-ta'addud fî al-af'âl). Adapun rinciannya sebagai berikut: 1.        Keesaan Dzat (Wahdah ad-Dzât) , ada dua macam: a.        Nafyu al-Kamm al-Muttashil (menafikan ketersusunan internal) Artinya, bahwa dzat Allah tidak tersusun dari partikel apapun, baik itu jauhar mutahayyiz, 'ardh ataupun jism. Dalil rasional: "Jikalau suatu dzat tersusun dari bagian-bagian, artinya dzat itu membutuhkan kepada dzat yang membentuknya. Sedangkan Allah mustahil membutuhkan pada suatu apapun. Ma

10 Prinsip Dasar Ilmu Mantiq

 كل فن عشرة # الحد والموضوع ثم الثمرة ونسبة وفضله والواضع # والاسم الاستمداد حكم الشارع مسائل والبعض بالبعض اكتفى # ومن درى الجميع حاز الشرفا      Dalam memahami suatu permasalahan, terkadang kita mengalami kekeliruan/salah paham, karena pada tabiatnya akal manusia sangat terbatas dalam berpikir bahkan lemah dalam memahami esensi suatu permasalahan. Karena pola pikir manusia selamanya tidak berada pada jalur kebenaran. Oleh karena itu, manusia membutuhkan seperangkat alat yang bisa menjaga pola pikirnya dari kekeliruan dan kesalahpahaman, serta membantunya dalam mengoperasikan daya pikirnya sebaik mungkin. Alat tersebut dinamakan dengan ilmu Mantiq. Pada kesempatan ini, kami akan mencoba mengulas Mabadi ‘Asyaroh - 10 prinsip dasar -  ilmu Mantiq. A.  Takrif: Definisi Ilmu Mantiq      Ditinjau dari aspek pembahasannya, ilmu Mantiq adalah ilmu yang membahas tentang maklumat – pengetahuan - yang bersifat tashowwuri (deskriptif) dan pengetahuan yang besifat tashdiqi (definit

10 Prinsip Dasar Ilmu Tauhid

A. Al-Hadd: Definisi Ilmu Tauhid Ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang bisa meneguhkan dan menguatkan keyakinan dalam beragama seorang hamba. Juga bisa dikatakan, ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang membahas jalan dan metode yang bisa mengantarkan kita kepada keyakinan tersebut, melalui hujjah (argumentasi) untuk mempertahankannya. Dan juga ilmu tentang cara menjawab keraguan-keraguan yang digencarkan oleh musuh-musuh Islam dengan tujuan menghancurkan agama Islam itu sendiri. B. Maudhu’: Objek Pembahasan Ilmu Tauhid Ada beberapa pembahasan yang dijelaskan dalam ilmu ini, mulai dari pembahasan `maujud` (entitas, sesuatu yang ada), `ma’dum` (sesuatu yang tidak ada), sampai pembahasan tentang sesuatu yang bisa menguatkan keyakinan seorang muslim, melalui metode nadzori (rasionalitas) dan metode ilmi (mengetahui esensi ilmu tauhid), serta metode bagaimana caranya kita supaya mampu memberikan argumentasi untuk mempertahankan keyakinan tersebut. Ketika membahas ent

10 Prinsip Dasar Ulumul Quran

A. Ta’rif/Definisi Ulumul Quran      Ulumul Quran merupakan kumpulan masalah dan pembahasan yang berkaitan dengan Alquran.  B. Maudhu’/Objek pembahasan Ulumul Quran        Ulumul Quran adalah satu disiplin ilmu yang fokus membahas masalah-masalah Alquran. Mulai dari pembahasan Nuzulul Quran, penugmpulan ayat-ayat Alquran, urutan ayat, bayanul wujuh (penjelasan tentang peristiwa yang mengiringi turunnya suatu ayat Alquran), Asbabun Nuzul, penjelasan sesuatu yan asing dalam Alquran, dan Daf’us syubuhat (menjawab keraguan yang mempengaruhi  keeksistensian Alquran), Dsb. C.  Tsamroh/Manfaat mempelajari Ulumul Quran Dalam kitab Ta’limul Muta’allim syekh Az-zarnuji mengungkapkan; bahwa setiap usaha pasti membuahkan hasil tersendiri. Adapun hasil dari mempelajari Ulumul Quran adalah sebagai berikut: 1. Mengetahui peristiwa yang mempengaruhi Al quran dari masa baginda nabi Muhammad SAW. hingga sekarang.  2. Megetahui keraguan-keraguan yang datang dari beberapa arah, ser

10 Prisnsip Dasar Ilmu Nahwu

A.      Takrif: Definisi ilmu Nahwu Dalam pembahasan ini, definisi ilmu Nahwu bisa diketahui dari dua hal: 1.       Secara Etimologi (Bahasa). Lafaz An-nahwu setidaknya memiliki 14 padanan kata. Tapi hanya ada 6 makna yang masyhur di kalangan para pelajar; yakni Al-qoshdu (niat), Al-mitslu (contoh), Al-jihatu (arah tujuan perjalanan), Al-miqdaru (nilai suatu timbangan), Al-qismu (pembagian suatu jumlah bilangan), Al-ba’dhu (sebagaian dari jumlah keseluruhan). النحو Terjemahan Padanan kata Niat النية Contoh المثل Arah الجهة Nilai, Kadar المقدار Bagian القسم Sebagian البعض 2.       Secara Terminologi (istilah). Dalam hal ini Ilmu Nahwu memiliki 3 pengertian:  a) Ilmu Nahwu adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui kondisi yang terletak di akhir suatu kalimat, baik kalimat itu berstatus mu’rob maupun mabni, dan ini adalah