Skip to main content

SPA & LPJ 2022: Bertepatan dengan Hari Asyura, serta Calon Tunggal vs Kotak Kosong

Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin (SEMA-FU) Universitas Al-Azhar Kairo menyelenggarakan agenda tahunan berupa Sidang Permusyawaratan Anggota (SPA) dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) setelah tamatnya kepengurusan Dewan Pengurus (DP) SEMA-FU Kabinet Rabithah 2021/2022 pada Senin (08/08) bertempat di Aula Wisma Nusantara, Rabea El-Adawea, Madinat Nasr, Cairo. Agenda ini meliputi amandemen AD/ART, LPJ, pemilihan Ketua serta pemilihan BPO masa bakti 2022/2023.


Pada pukul 12.50 CLT, acara dimulai dan dipandu oleh Muhammad Sholah El Madany Fath selaku Master of Ceremony (MC), lalu disusul oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Daud Abdurrahman Bassami. Sesudah itu, para hadirin berdiri untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PPMI yang dipimpin oleh Hanifa Minhajil Hayah. Kemudian, Ahmad Hadi Naufal selaku Ketua SPA & LPJ memberikan sambutan pertama. Dalam sambutannya, Naufal berpesan, “Saya harap untuk Ketua SEMA-FU kedepannya untuk bisa menjalankan amanah dengan baik dan memegang teguh prinsip-prinsip yang telah dibangun oleh SEMA-FU dari tahun ke tahun. Bahwa harapan kita semua sama, bahwa seiring bergantinya kepemimpinan, jabatan, dan kepengurusan, akan muncul ide-ide baru dan kualitas baru yang mana akan membuat SEMA-FU lebih baik kedepannya.” Beliau juga berpesan kepada DP Kabinet Rabithah agar tak lelah menebar kebaikan dan manfaat, walaupun masa kabinet telah berakhir.


Sambutan kedua diberikan oleh Ketua BPO, Nabiel Fauzan Mulyana. Mewakili lembaga tertinggi struktur organisasi  SEMA-FU diacara LPJ SEMA-FU kelima yang beliau datangi ini, beliau berkata “Semua itu tentang proses. Karena semua yang kita lakukan dihidup ini sangat berpengaruh terhadap kita maupun terhadap yang lain. Dan semua itu akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Walaupun kedepannya mungkin tidak lagi menjadi DP SEMA-FU, selalu lakukan yang terbaik dengan program kerja versi kita sendiri, walaupun berbeda dengan program kerja senat.” Beliau juga berharap agar DP SEMA-FU kedepannya menjadi yang terbaik diantara yang terbaik. Namun semua itu bukan untuk divalidasi oleh orang lain, melainkan menjadi yang terbaik untuk diri kita sendiri.


Lalu disambung dengan Sambutan dari Presiden PPMI, Auzi’na Azmal Umuur. Beliau memulai dengan menyatakan bahwa SEMA-FU bagi beliau dipandangan luar terlihat sangat baik dan bagus citranya. Beliau selalu menyarankan SEMA-FU sebagai organisasi yang menjadi pembelajaran sistem dan konsep sebelum ke organisasi lain. “Syajaratun thayyibatun asluha tsabitun wa far’uha fissamaa’, yang menaungi orang-orang. Yang bermanfaat bagi orang-orang, ada yang lapar bisa makan, ada yang kepanasan bisa berteduh, bisa mengeluarkan mata air dan sebagainya, muncul bukan dari orang-orang yang mencari profit, komersial atau memikirkan apa yang akan didapatkannya, bukan ia beri, itu yang ada di SEMA-FU saat ini.” ucap beliau, mengapresiasi SEMA-FU dengan mengutip perkataan guru beliau tentang syajaratun thayyibah. Beliau mengakhiri bahwa kemajuan kita semua tidak lahir dari gengsi atau bersaing dengan satu sama lain, akan tapi lahir dari kolaborasi, saling bahu-membahu. Bukan hanya fastabiqul khoirot, namun juga at-ta'awun alal birri wattaqwa.


Rangkaian acara sidang selanjutnya dipimpin oleh anggota BPO SEMA-FU 2021-2022 yang terdiri dari Vicky Magdarianti sebagai  Presidium Sidang I, Nabiel Fauzan Mulyana sebagai Presidium Sidang II, Hamzah Assad Abdul Jabar sebagai Presidium Sidang III, dan Hasna Nurul sebagai Notulis. Setelah pembacaan tentatif acara dan tata tertib sidang. Dalam pembacaan tentatif acara dan pembacaan tata tertib persidangan tidak ada pengamandemenan pasal; hanya saja dikarenakan peserta sidang kurang dari 2/3 kuorum maka sidang mendapat skors waktu 5 menit. Setelah itu, sidang berlanjut hingga seluruh tata tertib dibacakan.


Sesi berikutnya adalah laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus 2021/2022. Diawali oleh  Ketua SEMA-FU Muhammad Fauzan ditemani Wakilnya Muhammad Yusril Firdausi Nuzula. Muhammad Yusril menyatakan bahwa persentase program kerja yang telah terlaksana sebesar 93,65% dengan total 59/63 program kerja. 38 undangan eksternal resmi yang telah dihadiri oleh SEMA-FU. Beliau mengapresiasi persentase kehadiran DP SEMA-FU selama rapat yang cukup tinggi, yaitu sebanyak  81,70% dan antusiasme mereka dalam belajar berorganisasi. Dilanjutkan oleh pernyataan Muhammad Fauzan bahwa SEMA-FU telah menyampaikan lebih dari 70 informasi melalui instagram dan satu surat edaran. Beliau juga mengatakan bahwa ada peningkatan kinerja DP lewat program upgrading sekitar 37,5%, yang membuat beliau menyarankan pada Ketua SEMA-FU kedepannya supaya tetap melanjutkan program tersebut. Berpatokan dengan kinerja DP sebelumnya, beliau menyarankan satu hal yang perlu dilakukan calon Ketua dan Wakil SEMA-FU kedepannya, yaitu menjaga kondisi internal SEMA-FU, karena faktor keberhasilan SEMA-FU sendiri adalah kesolidan dewan pengurus dan totalitas mereka dalam mengerjakan program kerjanya. Laporan pertanggungjawaban DP SEMA-FU 2021/2022 Kabinet Rabithah, berakhir dengan diterimanya semua laporan dengan nilai 88,96 serta predikat ‘Jayyid Jiddan’.


Setelah pembacaan LPJ, hasil pemilihan BPO yang telah dilaksanakan secara online dengan prosedur dan tata cara pemilihan yang telah dirancang oleh panitia dibacakan. Dan dari semua suara yang tertampung, terdapat 5 anggota yang terpilih menjadi BPO SEMA-FU pada tahun ini, yaitu Muhammad Yusril Firdausi Nuzula,  Muhammad Fauzan, Aulia Rahman, Nur Hidayah, dan Ari Pratama Syuhada. Proses serah jabatan BPO ini diwakili oleh Nabiel Fauzan sebagai perwakilan BPO demisioner 2022/2023 dan Muhammad Yusril sebagai perwakilan BPO SEMA-FU 2022/2023. Muhammad Yusril sebagai Ketua BPO menyinggung bahwa acara SPA & LPJ tahun ini yang bertepatan dengan hari Asyura, hari dimana Nabi Musa yang telah menyelesaikan misi dakwahnya, Nabi Nuh yang telah bertahan enam bulan diatas bahteranya, dan Sayyidina Husein di Karbala. Beliau berharap itu sebagai pertanda bagi beliau untuk sanggup mengemban amanah sebagai Ketua BPO tahun ini.


Setelah pemilihan BPO, disambung dengan agenda selanjutnya berupa serah jabatan Ketua SEMA-FU 2022/2023. Di tahun ini, SEMA-FU hanya memiliki calon tunggal yang mengajukan diri dalam periode pemilihan ketua baru SEMA-FU, yaitu Muhammad Fathan Roshish (Tingkat 2, KMNTB). Dengan adanya calon tunggal yang mengajukan diri, maka surat suara posisi lawan dinyatakan dalam bentuk kotak kosong. Dari perolehan suara yang tertampung, saudara Roshish mendapatkan perolehan suara sebesar 90,3%, sementara kotak kosong mendapatkan perolehan suara sebesar 9,7%. Dengan demikian Muhammad Fathan Roshish resmi diangkat menjadi Ketua SEMA-FU masa bakti 2022/2023.


Serah terima jabatan Ketua SEMA-FU langsung diwakili oleh Muhammad Fauzan selaku Presidium I, Muhammad Yusril selaku Presidium II, dan Aulia Rahman selaku Presidium III. Setelah itu, saudara Roshish dipersilahkan untuk memberikan sambutan. “Saya mengajak teman-teman untuk kembali berintropeksi lagi tentang apa yang telah dikerjakan selama ini, itu semua percuma jika jika tak diiringi dengan keridhoan dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.“ Beliau tak lupa mengucapkan terimakasih kepada tim sukses beliau, anggota divisi PSDM, anggota Kabinet Rabithah, para Senior, dan anggota Kabinet Harakah dan juga memohon bantuan, dukungan dan doa untuk kabinet SEMA-FU selanjutnya. Acara tersebut diakhiri dengan prakata oleh senior Ushuluddin, Alfi Syahri, Lc. “Untuk SEMA-FU kedepannya, pasti kalian akan mendapatkan tantangan yang tak terduga. Karena semakin tinggi pohon, maka angin akan semakin kencang.” ujarnya. Beliau berpesan untuk tidak berputus asa dan menghargai setiap pekerjaan, dan mengingatkan Ketua SEMA-FU untuk tak segan meminta bantuan pada BPO dan DP nantinya.


Alhamdulillahirabbil ’aalamin, rangkaian acara SPA & LPJ SEMA-FU 2022 telah selesai dilaksanakan tepat pada pukul 19.45 CLT. Besar harapan kepada Ketua SEMA-FU terpilih beserta jajaran pengurus yang lain untuk bisa menjadikan senat sebagai wadah yang bisa menaungi dalam semua hal akademisi serta keilmuan, wadah yang bisa menuntaskan sebaik mungkin program kerja yang akan diusung di kemudian hari, serta bisa terus membawa perubahan yang lebih baik untuk kedepannya.




Oleh: Nahwa Haya Aghniarizka

Comments

Popular posts from this blog

Apa Makna Sifat Wahdaniyah?

Sifat wahdaniyah merupakan salah satu sifat Salbiyah dari sifat-sifat wajib Allah. Sifat salbiyyah yaitu: هي الصفات التي تنفي عن الله ما لا يليق بذاته تعالى "Sifat-sifat yang menafikan dari Allah segala sifat yang tidak layak pada Dzat-Nya" Maka sifat wahdaniyah adalah sifat yang menafikan at-ta'ddud (berbilang-bilang), baik itu berbilang dalam dzat (at-ta'addud fî ad-dzât), berbilang dalam sifat (at-ta'addud fî ash-shifât) dan berbilang pada perbuatan (at-ta'addud fî al-af'âl). Adapun rinciannya sebagai berikut: 1.        Keesaan Dzat (Wahdah ad-Dzât) , ada dua macam: a.        Nafyu al-Kamm al-Muttashil (menafikan ketersusunan internal) Artinya, bahwa dzat Allah tidak tersusun dari partikel apapun, baik itu jauhar mutahayyiz, 'ardh ataupun jism. Dalil rasional: "Jikalau suatu dzat tersusun dari bagian-bagian, artinya dzat itu membutuhkan kepada dzat yang membentuknya. Sedangkan Allah mustahil membutuhkan pada suatu apapun. Ma

10 Prinsip Dasar Ilmu Tauhid

A. Al-Hadd: Definisi Ilmu Tauhid Ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang bisa meneguhkan dan menguatkan keyakinan dalam beragama seorang hamba. Juga bisa dikatakan, ilmu Tauhid adalah ilmu pengetahuan yang membahas jalan dan metode yang bisa mengantarkan kita kepada keyakinan tersebut, melalui hujjah (argumentasi) untuk mempertahankannya. Dan juga ilmu tentang cara menjawab keraguan-keraguan yang digencarkan oleh musuh-musuh Islam dengan tujuan menghancurkan agama Islam itu sendiri. B. Maudhu’: Objek Pembahasan Ilmu Tauhid Ada beberapa pembahasan yang dijelaskan dalam ilmu ini, mulai dari pembahasan `maujud` (entitas, sesuatu yang ada), `ma’dum` (sesuatu yang tidak ada), sampai pembahasan tentang sesuatu yang bisa menguatkan keyakinan seorang muslim, melalui metode nadzori (rasionalitas) dan metode ilmi (mengetahui esensi ilmu tauhid), serta metode bagaimana caranya kita supaya mampu memberikan argumentasi untuk mempertahankan keyakinan tersebut. Ketika membahas ent

10 Prinsip Dasar Ilmu Mantiq

 كل فن عشرة # الحد والموضوع ثم الثمرة ونسبة وفضله والواضع # والاسم الاستمداد حكم الشارع مسائل والبعض بالبعض اكتفى # ومن درى الجميع حاز الشرفا      Dalam memahami suatu permasalahan, terkadang kita mengalami kekeliruan/salah paham, karena pada tabiatnya akal manusia sangat terbatas dalam berpikir bahkan lemah dalam memahami esensi suatu permasalahan. Karena pola pikir manusia selamanya tidak berada pada jalur kebenaran. Oleh karena itu, manusia membutuhkan seperangkat alat yang bisa menjaga pola pikirnya dari kekeliruan dan kesalahpahaman, serta membantunya dalam mengoperasikan daya pikirnya sebaik mungkin. Alat tersebut dinamakan dengan ilmu Mantiq. Pada kesempatan ini, kami akan mencoba mengulas Mabadi ‘Asyaroh - 10 prinsip dasar -  ilmu Mantiq. A.  Takrif: Definisi Ilmu Mantiq      Ditinjau dari aspek pembahasannya, ilmu Mantiq adalah ilmu yang membahas tentang maklumat – pengetahuan - yang bersifat tashowwuri (deskriptif) dan pengetahuan yang besifat tashdiqi (definit